Ternate,- Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) di lingkungan Kementerian Agama adalah evaluasi yang ditujukan untuk menilai kompetensi guru dan tenaga kependidikan di madrasah yang bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan area yang perlu pengembangan pada guru serta tenaga kependidikan, penilaian ini membantu meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah dan memastikan standar kompetensi tertentu terpenuhi.
Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Ternate, H. M. Zulkiram M. Chaeruddin dalam membuka kegiatan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah Tahap II Tahun 2024 yang dilaksanakan di MAS Alkhairaat Kalumpang Ternate. Selasa (12/11/2024)
“Hasil dari AKGTK ini digunakan sebagai acuan untuk program pembinaan, pengembangan profesional, dan pemberian pelatihan lanjutan”, jelasnya.
H. Zulkiram berharap kepada para peserta AKGTK agar mengikuti asesmen ini dengan sungguh-sungguh sehingga bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dan dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di Kota Ternate.
Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, pada 12 sampai dengan 13 November 2024 diikuti oleh 177 orang yang dibagi dalam 3 sesi, dan berlangsung di 3 titik lokasi yaitu MTs. Negeri 1 Kota Ternate, MAN 1 Kota Ternate dan MAS Alkhairaat Kalumpang Ternate.